Tips Memilih Jaket yang Tepat untuk Mendaki Gunung

Tips Memilih Jaket untuk Mendaki Gunung – Bagi Anda yang memiliki hobi mendaki gunung, tentunya jaket menjadi salah satu barang yang wajib dibawa saat melakukan pendakian. Jaket memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin dan hembusan angin. Jaket juga dapat melindungi diri Anda dari bahaya hipotermia.

Jaket untuk mendaki gunung tentunya berbeda dengan jaket yang biasanya digunakan untuk sehari-hari atau untuk keperluan fashion. Oleh karena itu, idealnya pilih jaket yang tepat agar saat pendakian tidak mengalami kendala terkait hawa dingin yang menyerang. Lantas, kira-kira jaket seperti apa sih yang cocok untuk mendaki gunung? Nah, berikut kami bagikan tips memilih jaket untuk mendaki gunung, yang sebaiknya Anda coba.

Tips Memilih Jaket yang Tepat untuk Mendaki Gunung

Tips Memilih Jaket yang Tepat untuk Mendaki Gunung

Memilih Jaket yang Tepat untuk Mendaki Gunung

1. Jaket Terbuat dari Bahan yang Kuat

Perbedaan utama antara jaket fashion dengan jaket untuk mendaki gunung terletak pada jenis bahan yang digunakan. Saat memilih jaket untuk mendaki gunung, pastikan Anda memilih jaket yang terbuat dari bahan yang tahan air dan tahan hembusan angin. Beberapa produsen jaket gunung sengaja memberikan lapisan polar pada bagian dalam jaket agar tahan air dan tahan angin. Namun, bahan tersebut akan terasa panas apabila digunakan pada siang hari. Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa merk jaket gunung biasanya juga melengkapi dengan lapisan kain berpori di dalamnya jaket. Kain berpori ini akan membuat banyak pori-pori yang besar sehingga ventilasi lebih baik. Kekurangannya, jaket ini tidak terlalu kuat untuk menahanĀ  hembusan angin.

Sebagai bentuk antisipasi, lebih baik Anda membawa dua jaket saat mendaki. Satu jaket yang memiliki lapisan polar dan satu jaket lagi yang memiliki lapisan kedap air ataupun kedap udara dingin.

2. Jaket Sesuai dengan Ukuran Tubuh

Saat ingin melakukan pendakian, pastikan Anda memiliki jaket yang sesuai dengan ukuran tubuh. Jangan memilih jaket yang sempit. Usahakan jaket Anda sedikit lebih longgar agar dapat digunakan secara rangkap dengan baju dalam. Baju rangkap akan membuat tubuh Anda terasa lebih hangat saat mendaki. Selain itu, jaket yang longgar akan semakin memeprmudah pergerakan Anda saat mendaki gunung. Sebaliknya, jangan menggunakan jaket yang ukurannya terlalu sempit. Hal tersebut justru akan menghalangi pergerakan Anda. Jaket yang sempit juga memiliki risiko rusak pada bagian tertentu karena akan mudah tertarik.

3. Desain Jaket Sesuai dengan Kondisi Cuaca

Jaket gunung harus memiliki bagian-bagian tertentu yang dapat melindungi anggota tubuh Anda, baik saat cuaca sedang panas maupun dingin. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait desain jaket. Pertama, jaket memiliki kerah yang tinggi agar bagian leher Anda terlindungi dari hembusan angin yang kencang. Kedua, jaket memiliki tutup kepala multifungsi; dapat dilipat menjadi kerah, dapat dikecilkan ataupun dikencangkan, dan sebagainya.

4. Jaket Memiliki Saku

Saku pada jaket gunung berfungsi untuk menyimpan barang yang butuh Anda ambil secara cepat, seperti masker misalnya. Namun, jangan memilih jaket dengan jumlah saku yang terlalu banyak. Hal tersebut akan memudahkan terjadinya kerusakan dan kebocoran terhadap udara maupun air. Pilihlah jaket yang memiliki jumlah maksimal tiga saku, yang berada di bagian kiri, kanan, dan dalam jaket. Selain itu, pilihlah jaket yang memiliki resleting pada bagian sakunya. Hal ini bertujuan agar barang yang Anda simpan di dalamnya bisa aman dan terhindar dari kemungkinan adanya benda lain yang akan masuk ke saku.

Nah, itulah diatas sedikit informasi mengenai tips memilih jaket untuk mendaki gunung yang tepat. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

bahan jaket gunung jack wolfskin, bahan jaket gunung rei, bahan jaket gunung waterproof, bahan jaket gunung yg bagus, beli jaket gunung rei, brand jaket gunung terbaik, buat jaket gunung bandung, cara memilih jaket, cara memilih jaket anti air, cara memilih jaket bagus, cara memilih jaket baseball, cara memilih jaket berkualitas, cara memilih jaket bomber, cara memilih jaket bomber yang bagus, cara memilih jaket denim