Panduan Lengkap Cara Tarik Tunai Berbagai Bank di Indomaret Dan Alfamart

Tarik Tunai Berbagai Bank di Indomaret Dan Alfamart – Kemajuan teknologi memang semakin memudahkan kehidupan manusia. Salah satunya terkait tekonologi perbankan. Jika jaman dulu, tarik tunai harus dilakukan dengan mendatangi bank atau harus ke ATM dulu, namun kini kita bisa melakukannya di Indomaret atau Alfamart terdekat.

Tarik tunai yang ada di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart ini biasanya merupakan kerjasama antara minimarket terkait dengan pihak Bank. Fasilitas ini dibuat untuk mempermudah nasabah saat membutuhkan dana tunai dengan cepat.

Nah, terkait hal tersebut, berikut telah kami ulas rangkuman selengkapnya. Silahkan disimak.

Tarik Tunai Berbagai Bank di Indomaret Dan Alfamart

Tarik Tunai Berbagai Bank di Indomaret Dan Alfamart

1. Ketentuan Tarik Tunai di Indomaret dan Alfamart

Ketika anda akan melakukan tarik tunai di Indomaret atau Alfamart, ada harus memperhatikan beberapa ketentuan yang di tetapkan oleh pihak minimarket sebagai syarat melakukan tarik tunai.

  • Pastikan Indomaret / Alfamart yang anda kunjungi memiliki logo tarik tunai bank yang anda miliki. Biasanya, logo tersebut terdapat dibagian bawah logo minimarket bertuliskan tarik tunai Mandiri, Tarik tunai BCA, tarik tunai BRI, tarik tunai Mandiri maupun tarik tunai ATM Link ( Gabungan antara BRI, BNI, BTN, dan Mandiri ).
  • Batas minimum dan maksimum tarik tunai. Setiap minimarket juga memiliki batas minimal dan maksimal penarikan tunai. Umumnya minimal penarikan Rp 50.000 sampai Rp 100.000 dan maksimal penarikan Rp 500.000 sampai Rp 1.000.000.
  • Syarat Minimum belanja. Karena dilakukan di minimarket, tidak menutup kemungkinan anda harus berbelanja dengan nominal tertentu untuk dapat melakukan tarik tunai. Syarat minimum belanja ini berbeda beda setiap minimarket, namun biasanya indomaret dan alfamart melakukan batas minimum belanja Rp 50.000 untuk dapat melakukan tarik tunai.

2. Tata Cara Penarikan Tunai

  • Tanyakan kepada kasir minimarket terkait syarat dan ketentuan tarik tunai. Biasanya petugas / kasir akan menanyakan bank apa yang akan anda gunakan bertransaksi dan menyebutkan syarat dan ketentuannya.
  • Belanja sesuai syarat minimun melakukan transaksi tarik tunai.
  • Bayar barang belanjaan anda dengan kartu debit lalu lakukan tarik tunai di meja kasir.
  • Gesekkan Kartu Debit anda di Mesin EDC dan kasir akan meminta anda memasukkan pin dan permintaan anda akan segera di proses.

Bagaimana? Mudah bukan melakukan transaksi tarik tunai di Alfamart / Indomaret. Dengan begitu, anda tidak perlu jauh-jauh mencari ATM.

Kelebihan dan Kekurangan Tarik Tunai di Indomaret dan Alfamart

1. Kelebihan

  • Salah satu alternatif ketika ATM sedang Eror

Terkadang, banyak mesin ATM yang eror atau justru jaringannya yang eror sedangkan anda sedang membutuhkan uang tunai dengan cepat. Maka tarik tunai di minimarket dapat menjadi solusinya.

  • Tersebar di banyak daerah

Saat ini minimarket seperti Indomaret dan Alfamart banyak bermunculan di daerah bahkan di pedesaan sedangkan hal terebut tidak berlaku untuk kemunculan ATM. Untuk itu, tarik tunai di Minimarket dapat menjadi solusinya.

  • Jarang Kehabisan Uang

Kelebihan lainnya yaitu minimarket tidak akan kehabisan stock uang selama anda melakukan transaksi tarik tunai dengan syarat minimum dan maksimum yang sesuai. Hal ini berbeda dengan mesin ATM yang ada kalanya kehabisan uang sehingga anda harus mencari ATM lainnya.

2. Kekurangan

  • Terlalu banyak syarat dan ketentuan

Kelemahan ini adalah hal yang paling mencolok ketika melakukan tarik tunai di minimarket. Ketentuan seperti syarat minimal penarikan, hingga minimum belanja, tentunya tak semua orang menyukai kebijakan ini.

Nah, itulah diatas ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai cara tarik tunai berbagai bank di Indomaret dan Alfamart. Semoga bermanfaat.