Inilah Posisi Tidur Terbaik Untuk Para Ibu Hamil dan Janin yang Dikandungnya

Posisi Tidur Terbaik Untuk Para Ibu Hamil – Gimana nih moms, sudah segede apa perut moms sekarang? Hamil memang moment yang sangat membahagiakan bagi para wanita. Karena selama proses kehamilan, dalam rahim wanita menyimpan sesosok janin kecil yang nantinya setelah ia lahir ke dunia akan memanggil mereka dengan sebutan ‘ibu’. Nah selama proses kehamilan, perut para moms pastinya akan terus menerus membesar. Itu merupakan proses yang wajar akibat pertumbuhan janin yang ada dalam kandungan.

Dalam keadaan perut besar seperti ini pastinya para moms akan sedikit kesulitan melakukan aktivitas. Tak hanya saat beraktivitas saja, moms pastinya kesulitan mengatur posisi tidur yang nyaman, yang pastinya tidak membahayakan janin dalam kandungan. Karena tentunya bila posisi tidur tidak nyaman bisa membuat moms tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Lantas posisi tidur terbaik untuk para ibu hamil dan janinnya itu seperti apa? Nah, untuk lebih jelasnya silahkan simak berikut ini:

Posisi Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil Dan Sang Janin

Posisi Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil Dan Sang Janin

Posisi Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil Dan Sang Janin

1. Menyamping Ke Kiri

Tujuannya adalah untuk memperlancar sirkulasi aliran darah, baik itu darah yang mengalir menuju jantung maupun rahim. Selain itu, posisi menyamping ke kiri ini juga memperlancar cairan yang ada pada ginjal, sehingga dampak pembekakan pada kaki, pergelangan kaki dan juga tangan bisa diminimalisir. Posisi seperti ini juga membuat bagian perut menjadi lebih nyaman. Untuk menyangga tubuh moms agar tetap dalam posisi menyamping ke kiri, moms bisa meletakkan beberapa bantal di belakang punggung dan juga beberapa bantal di depan perut.

2. Hindari Telentang

Tidak masalah jika usia kehamilan masih menginjak trimester pertama. Saat memasuki usia kehamilan trimester kedua atau setelah 5 bulan kehamilan, sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil untuk tidur terlentang. Posisi tidur terlentang saat hamil membuat punggung merasa tidak nyaman karena tekanan berat dari perut yang besar. Selain itu, posisi seperti ini bisa menghambat peredaran darah dan juga dapat membatasi asupan oksigen untuk si baby moms. Jika moms tetap ingin tidur terlentang, sebaiknya posisi tubuh bagian atas harus lebih tinggi dari pada perut ya moms. Caranya bisa dengan meletakkan dua atau 3 buah bantal untuk menyangga bagian tubuh atas.

3. Gunakan Banyak Bantal

Ini akan sangat membantu ibu hamil untuk merasa lebih nyaman saat tidur. Karena di sekitar tubuh terdapat benda-benda yang bertekstur empuk. Jika moms merasa bernafas pendek saat tiduran, maka letakkan bantal yang empuk dan tidak keras di bawah samping tubuh untuk menaikkan posisi dada. Nah kalau moms merasakan sakit di ulu hati, maka letakkan beberapa bantal di kepala moms ya. Usahakan posisi badan bagian atas moms menjadi lebih tinggi.

Moms juga bisa mencoba untuk tidur dalam posisi menyender, seperti setengah duduk dan setengah berbaring. Posisi ini bisa membantu agar asam lambung tidak naik moms. Untuk posisi tengkurap, jangan pernah dicoba ya moms. Karena pada saat hamil, payudara akan membesar, lebih lunak dan juga lebih sensitif. Ini akan menimbulkan rasa sakit luar biasa bila dipaksakan tengkurap. Selain itu tidur dengan posisi tengkurap juga dapat menghambat proses tumbuh kembang sang janin. Jadi, jangan pernah tidur tengkurap lagi ya. Nanti saja kalo udah ngelahirin.

Gimana sudah paham kan bagaimana posisi tidur  yang baik untuk ibu hamil dan janinnya? Nah, semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk para moms yang sedang mengandung dede bayinya.

Baca Juga:

bagaimana cara posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, bagaimana cara tidur ibu hamil 7 bulan, bagaimana posisi tidur ibu hamil 4 bulan, bagaimana posisi tidur ibu hamil 5 bulan, bagaimana posisi tidur ibu hamil 7 bulan, bagaimana posisi tidur ibu hamil 8 bulan, bagaimana posisi tidur ibu hamil 9 bulan, bagaimana posisi tidur ibu hamil yang baik, bagaimana posisi tidur ibu hamil yg baik, bagaimana posisi tidur yang baik bagi ibu hamil muda, bagaimana posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda, cara mengatasi susah tidur ibu hamil 9 bulan, cara posisi tidur ibu hamil 4 bulan, cara posisi tidur ibu hamil 6 bulan, cara posisi tidur ibu hamil 9 bulan