Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Tips Mengatasi Anak yang Cenderung Susah Makan – Memang kebiasaan anak yang cenderung susah makan itu adalah hal yang lumrah. Namun begitu, sebagai orang tua kita tak boleh diam saja. Bagaimanapun kita harus mengupayakan agar sang anak mau makan dalam porsi yang ideal. Dengan begitu tumbuh kembangnya akan maksimal dan selalu sehat.

Lantas, bagaimana tips terbaik dalam mengatasi anak yang susah makan? Jangan panik moms, berikut kami bagikan beberapa tips yang bisa anda terapkan.

Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan

1. Buatlah Menu Bergizi yang Berbeda Setiap Hari

Bisa jadi alasan yang membuat si kecil tidak mau makan adalah menu makan yang hampir sama setiap hari, maka dari itu bunda harus pintar-pintar membuat makanan yang berbeda setiap hari. Bila perlu buatlah hidangan dengan sajian menarik, karena hidangan menarik bisa merangsang sinyal makan anak. Dan pastikan jika menu yang bunda buat merupakan makanan kesukaan si kecil agar dia lebih senang memakannya.

2. Berikan Camilan Yang Memiliki Kandungan Kalori Tinggi

Cobalah memberi si kecil camilan yang memiliki kandungan kalori tinggi, jadi meskipun si kecil tidak mau makan dia tetap mendapat asupan energi, usahakan memberinya camilan ini yang bisa si kecil makan kapanpun ya bunda. Camilan yang memiliki kandungan kalori tinggi bisa bunda dapatkan dari Selai kacang, kacang-kacanan, keju dan buah-buahan. Jadi walaupun si kecil sedang susah makan dan tak mau makan bunda tidak perlu khawatir deh.

3. Jangan Terlalu Memaksa saat Menyuruh Makan

Jangan terlalu memaksa si kecil untuk makan, karena biasanya si kecil melakukan kebalikan hal yang orang tua perintahkan, makanya gunakan ide untuk tidak terlalu sering menyuruh makan, dan nanti anak pasti akan minta makan dengan sendirinya.

4. Menuruti Kemauan Anak

Menghadapi anak yang susah makan memang bukan hal yang gampang dan tidak bisa dilakukan dengan memaksanya, walaupun kita tahu sebetulnya si kecil membutuhkan nutrisi cukup dan seimbang. Namun bakalan lebih sayang kan jika si kecil membuang makanan hanya karena dia tak ingin makan. Maka dari itu cobalah menuruti kemauan si kecil tentang menu yang ingin dia makan pada hari itu. Cobalah mengikuti mood si kecil.

5. Mengajak Anak Menyiapkan Makan

Anda bisa mengajak si kecil dalam menyiapkan hidangan makan. Karena dengan mengajak si kecil akan bisa memberi contoh dan pada saat orang tua selesai menyiapkan hidangan dan memakannya si kecil akan melakukan hal yang sama.

6. Memberinya Suplemen

Cara ini merupakan cara terampuh dan terjitu agar bisa menjaga keimbangan nutrisi pada si kecil. Pilihlah suplemen berbentuk jeli ataupun sirup yang banyak disukai si kecil. Dan pilihlah suplemen yang memiliki kandungan temulawak agar menambah nafsu makan si kecil.

7. Batasi Pemberian Jajan

Cobalah membatasi jajanan untuk si kecil, jika si kecil meminta jajanan cobalah buatkan sendiri dengan menu yang sehat dan yang aman bagi si kecil. Dan jangan jadikan jajanannya sebagai menu utama namun sebagai selingan yang bisa dikonsumsi sebelum si kecil makan besar. Namun tetap atur jarak dan jumlahnya agar saat waktu makan tiba si kecil tidak merasa kekenyangan duluan.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi anak yang cenderung susah makan, semoga dengan menerapkan tips diatas sang anak bisa lebih meningkat nafsu makannya.

Baca Juga:

akibat anak susah makan, alasan anak susah makan, alternatif anak susah makan, anak 1 tahun lebih susah makan, anak 1 tahun susah makan alodokter, anak 1 tahun susah makan apa solusinya, anak 1 tahun susah makan nasi, anak 1 tahun susah makan sayur, anak 10 bulan susah makan nasi, anak 17 bulan susah makan nasi, anak 19 bulan susah makan nasi, anak 2 tahun susah makan nasi, anak 2 tahun susah makan sayur, anak 3 tahun susah makan nasi, anak 3 tahun susah makan sayur