Cara Melacak HP Samsung Yang Hilang Dengan Memanfaatkan Akun Gmail

Melacak HP Samsung Yang Hilang – Kejadian buruk bisa menimpa kapan pun, dan tanpa dapat  kita duga sebelumnya. Termasuk kejadian kehilangan HP Samsung kesayangan anda. Jika sudah demikian, apa yang harus anda lakukan? Bad mood sepanjang hari dan langsung ingin membeli HP baru?

Tunggu dulu, mungkin informasi yang akan saya bagikan mengenai solusi menemukan HP Samsung yang hilang dengan Gmail ini, bisa membantu anda. Penasaran? Silahkan disimak.

Melacak HP Samsung Yang Hilang Dengan Gmail

Melacak HP Samsung Yang Hilang Dengan Gmail

Langkah-Langkah Menemukan HP Samsung yang Hilang Dengan Gmail

  • Silahkan anda masuk terlebih dahulu ke https://www.google.com/android/find/

Saran dari kami sebaiknya gunakanlah browser Google Chrome supaya tampilan situs Find My Device (dulu Android Device Manajer) dapat dimuat persis seperti tampilan komputer.

Oh, ya, jika anda menggunakan browser Opera Mini, sebaiknya matikan fitur ekstrim pada mode penghematan data, dan gantilah dengan mode otomatis.

  • Selanjutnya, silahkan anda log in menggunakan akun Gmail yang anda miliki. Ingat, ya, akun Gmail yang dipakai adalah akun yang telah terhubung dengan ponsel Samsung anda.
  • Setelah itu, anda akan segera di bawa pada halaman utama pencarian lokasi HP Samsung dari Google Maps. Pencarian lokasi ini bisa berlangsung cepat atau pun lambat, semuanya tergantung pada kualitas jaringan internet yang anda miliki.

Nah, jika halaman pencarian lokasi peta tidak langsung otomatis aktif, maka silahkan ketuk menu yang terdapat di pojok kanan atas layar, pilih “Locate Device”.

  • Lokasi yang menunjukkan keberadaan HP Samsung anda pun akan langsung muncul. Ada beberapa opsi yang bisa anda pilih, seperti deringkan perangkat, kunci perangkat, dan hapus data atau

Deringkan perangkat, bisa anda pilih jika lokasi tempat HP anda jaraknya kurang dari 10 meter. Apabila anda memilih opsi ini maka HP Samsung akan langsung berdering pada volume paling tinggi selama beberapa detik. Ini akan memudahkan anda untuk mencari di mana posisi HP tersebut.

Opsi kunci perangkat bisa anda pilih jika lokasinya terbilang cukup jauh dari posisi anda. Gunakanlah PIN yang tidak terlalu rumit, mudah anda ingat, namun tidak mudah ditebak oleh si pelaku. Hal ini sangat penting, supaya selama HP belum kembali ke tangan anda, si pelaku tidak bisa membuka isi HP anda.

Oh, ya, selain bisa mengunci dari jarak jauh, anda pun bisa menambahkan pesan singkat yang nantinya akan muncul di layar HP Samsung yang hilang. Dengan demikian si pelaku bisa tahu anda sedang mencari HP tersebut. Jangan lupa untuk mencantumkan nomor HP yang bisa dihubungi.

Terakhir, ada opsi hapus data atau file. Opsi ini bisa anda pilih, jika keadaannya sudah darurat, dan kemungkinan orang yang menemukan HP tidak akan mengembalikannya lagi pada anda. Hal Ini untuk berjaga jaga supaya data yang anda miliki tidak di salah gunakan.

Menggunakan Find My Mobile

Selain menggunakan Find My Device dengan memanfaatkan akun Gmail, anda juga bisa menemukan HP Samsung yang hilang melalui Find My Mobile. Berbeda dengan fitur Find My Device yang  bisa digunakan di hampir setiap merk Android, nah,  fitur Find My  Mobile ini hanya diperuntukkan untuk HP Samsung saja. Dengan syarat, asalkan anda sebelumnya memang sudah mendaftarkan diri di akun Samsung, sebelum HP anda hilang. Nah, untuk caranya adalah sebagai berikut :

  • Silahkan anda akses ke https://findmymobile.samsung.com bisa lewat smartphone lain atau laptop.
  • Setelah masuk ke halaman utama, klik tombol “Sign In”.
  • Kemudian masukanlah akun Samsung beserta sandinya.
  • Nah pada halaman agreement, silahkan anda centang ketiga kolom untuk menyetujui seluruh ketentuan dan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak Samsung. Setelah itu klik “Setuju”.
  • Anda akan langsung melihat type atau seri HP Samsung anda yang hilang. Klik “Mencari”.
  • Tunggulah beberapa saat sampai muncul peta yang menunjukkan lokasi alamat HP Samsung anda pada Google Maps. Opsi yang muncul sama seperti pada Find My Device, ada deringkan perangkat, kunci perangkat, dan hapus data pada perangkat. Silahkan anda pilih sesuai keinginan anda.

Nah, sekian pembahasan mengenai solusi menemukan HP Samsung yang hilang dengan Gmail. Selamat mencoba cara yang sudah kami sampaikan di atas dan semoga berhasil.