Tips Membangun Kedekatan Orang Tua Dengan Anak-Anaknya

Membangun Kedekatan Orang Tua Dengan Anak – Bukan rahasia lagi, bila saat ini banyak orang tua yang disibukan dengan pekerjaannya dan mengedepankan karirnya dibanding mengikuti perkembangan sang buah hati. Mereka beranggapan, asal bisa memberikan apa yang anak minta, maka itu sudah cukup. Mereka tidak mempedulikan, jika hal tersebut memicu hubungan yang terjalin dengan sang anak menjadi jauh. Padahal faktanya, bagi sang anak, kehadiran dan perhatian orang tua dalam kesehariannya lebih penting dibandingkan materi yang didapat.

Memang idealnya, seperti apa pun kondisi pekerjaan orang tua, di haruskan tetap menjalin hubungan yang dekat dengan para anaknya, karena hal ini menjadi dasar penting dalam proses tumbuh kembang sang anak, dan proses pembentukan karakter bahkan mempengaruhi kecerdasan sang anak.

Nah, terkait hal tersebut, kali ini kami akan membagikan informasi seputar  cara yang perlu di lakukan sang orang tua agar bisa menjalin kedekatan bersama anaknya. Silahkan disimak.

Tips Menjaga Kedekatan Antara Orang Tua Dengan Anak-Anaknya

Kedekatan Orang Tua Dengan Anak

Kedekatan Orang Tua Dengan Anak

1. Luangkan Lebih Banyak Waktu, Hati serta Pikiran untuk Anak

Waktu adalah hal penting dalam hal ini, dengan banyaknya waktu yang kita luangkan akan membentuk chemistry bersama anak kita. Namun hati dan pikiran juga dibutuhkan disini, karena kehadiran secara fisik saja belum cukup.

Saat ini banyak orang tua yang hadir menemani sang anak, namun tetap sibuk dengan dunianya sendiri, seperti sibuk dengan gadgetnya dan lainnya. Hal ini tentu saja membuat sang anak merasa tidak nyaman dan merasa tidak diperhatikan.

2. Berkomitmen Dalam Meluangkan Waktu dan Memberikan Momen Berkualitas Untuk Anak

Waktu merupakan hal penting yang sangat efektif dalam menjalin dan membangun kedekatan bersama anak. Jadi, disarankan bagi orang tua yang sibuk, untuk tetap meluangkan waktu setiap harinya, dan manfaatkan waktu itu, guna menghadirkan momen-momen berkualitas yang bisa membuat hubungan dengan sang anak menjadi lebih dekat. Seperti menemaninya bermain atau pun menemaninya belajar.

3. Menunjukan Kasih Sayang Dalam Bentuk Pelukan

Saat anda memberinya kasih sayang dalam bentuk nyata seperti pelukan itu sangat bisa membangun kedekatan dan chemistry bersama anak. Pada saat anak di peluk dia akan benar-benar merasakan kasih sayang yang anda berikan dan  anak akan lebih merasa di hargai kehadirannya.

Selain itu ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa pelukan dari orang tua ke anak bisa memberinya energi positif sehingga dia akan lebih semangat menjalani harinya. Dan pelukan dari orang tua untuk anaknya juga bisa meningkatkan kecerdasan otak sang anak, dan juga memberinya rasa tenang , aman dan bahagia.

4. Memberi Pujian Sebagai Motivasinya

Memberi anak sebuah pujian juga bisa membangun kedekatan antara orang tua dan anak, karena anak akan lebih merasa di hargai dan di apresiasi orangtuanya. Selain itu pujian juga berpengaruh pada perkembangannya, karena sang anak akan termotivasi untuk melakukan hal yang lebih baik dari sebelumnya.

Jika anda ingin memuji anak, pujilah perilaku sang anak, bukan si anak itu sendiri. Karena pujian bisa membuat sang anak mengulangi hal tersebut dan tetap jangan memuji sang anak secara berlebihan, karena pujian yang berlebihan akan membuat sang anak menjadi sombong, namun sebaliknya, pujian yang sewajarnya bisa membuat sang anak untuk terdorong melakukan hal positif.

5. Menjalin Komunikasi Secara Intens

Bila anda orang tua yang tergolong sibuk, jalinlah komunikasi yang intens untuk memonitor perkembangan dan pergaulannya. Jadi saat anda belum bisa memberikan waktu berkualitas, anak akan bisa memaklumi dan tetap merasa diperhatikan. Untuk itu, selalu hubungi dia walaupun hanya menanyakan sedang dimana, sedang apa, sudah makan atau belum dan lainnya.

Itu dia  beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menjalin kedekatan bersama anak anda. Jadi, tetap luangkan waktu, meski sesibuk apapun kegiatan anda.

Baca Juga:

anak beda golongan darah dengan orang tua, anak dan orang tua di serial boruto, anak dibuang orang tua, anak orang tua beda agama, angket hubungan orang tua dan anak, angket komunikasi orang tua dengan anak, apa yang dimaksud hubungan orang tua dan anak, apakah orang tua selalu benar dan anak selalu salah, artikel komunikasi orang tua dan anak, artikel konflik orang tua dan anak, artikel tentang hubungan orang tua dan anak, ayat alkitab tentang hubungan orang tua dan anak, ayat alkitab tentang orang tua dan anak, ayat alquran tentang hubungan orang tua dan anak, ayat tentang orang tua dan anak