Inilah 5 Kebudayaan Kebanggaan Indonesia yang Sudah Mendapat Pengakuan Dunia

Indonesia dikenal dengan negara yang sangat kaya, tak terkecuali budaya yang dimilikinya. Banyak diantara budaya-budaya yang dimiliki Indonesia bahkan telah mendapatkan pengakuan UNESCO yang merupakan organisasi dunia, yang membidangi segala hal berkaitan dengan budaya.

Maka sudah selayaknya kita sebagai warga Indonesia berbangga hati. Nah, kira-kira diantara ragam budaya yang ada, apa saja budaya paling membanggakan yang telah mendapatkan pengakuan dunia?

Kebudayaan Indonesia yang Sudah Mendapat Pengakuan Dunia

Kebudayaan Indonesia yang Sudah Mendapat Pengakuan Dunia

Budaya Kebanggaan Indonesia yang Diakui Dunia

1. Wayang Kulit

Mungkin anda sudah tidak asing dengan kesenian yang satu ini. Wayang Kulit telah diakui UNESCO sejak 7 November 2003. Kesenian yang berasal dari Jawa Timur ini juga menjadi icon Indonesia di banyak event-event kebudayaan Internasional.

Kesenian wayang kulit ini juga sering diadakan pada acara-acara seperti pernikahan, khitanan, ulang tahun, dan syukuran pada masyarakat Jawa. Pargelaran Wayang Kulit biasanya sering menampilkan cerita-cerita yang membahas mengenai sejarah pewayangan, antara lain kisah Pandawa dan Kurawa. Namun di zaman modern ini wayang kulit telah berkembang, banyak cerita yang ditampilkan membahas berbagai isu social dan kritik terhadap pemerintah.

2. Keris

Keris adalah senjata tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa. Senjata yang tergolong belati ini mempunyai bentuk yang bilahnya lurus ada pula yang berkelok-kelok. Keris juga mempunyai asal-usul yang erat kaitannya dengan kerajaan Majapahit. Konon katanya keris menjadi senjata para anggota kerajaan Majapahit saat berduel dengan musuhnya.

Akhirnya dengan melihat beberapa pertimbangan baik dalam nilai sejarah dan kepopuleran di kalangan masyarakat dunia, maka di tahun 2005 UNESCO telah mengakui keris sebagai salah satu situs warisan dunia yang harus tetap dilestarikan.

3. Batik

Selanjutnya ada batik, kerajinan kain tradisional yang satu ini konon sudah ada sebelum zaman penjajahan. Tidak heran kemudian semua orang hingga mancanegara mengenal batik. Mengingat sudah lama batik menjadi pakaian tradisional Indonesia. Maka dengan kemajuan fashion saat ini batik sering dikombinasikan dengan model baju modern. Bahkan  sudah banyak sekolah dan perusahaan telah mewajibkan aturan menggenakan batik. Secara tidak langsung hal-hal sederhana seperti itu mengenalkan batik kepada khalayak luas.

Menurut warna dan corak batik memiliki lambang dan makna tersendiri. Seperti contoh corak bunga pengaruh dari penjajah eropa yang bermakna keanggunan dan kecantikan. Kemudian, corak phoniex yang dipengaruhi kebudayaan cina bermakna keberanian. Umumnya batik tradisional masih mempertahankan coraknya dengan warna terbatas.

4. Sekaten

Pasti anda sudah tidak asing dengan acara sekaten.?  Sekaten adalah cara yang diadakan untuk merayakan hari ulang tahun nabi Muhammad SAW. Acara sekaten ini terasa khas dan unik karena hanya diadakan di solo dan Yogyakarta. Sejarah singkatnya, zaman dulu sekaten menjadi semacam acara khusus yang dilakukan Sultan Hamengkubuwono 1 untuk mengajak masyarakatnya memeluk Islam.

Sebelum hari-H perayaan sekaten, biasanya jalanan kota sudah dipenuhi dengan pasar malam dan bazaar-bazaar makanan. Tradisi ini dipercaya sebagai pertunjukan seni dan dakwah agama islam, karena akan ada khotbah dan pembacaan ayat-ayat Al-Qur’an ditengah acara.

5. Gamelan

Budaya Kebanggaan Indonesia yang diakui dunia yang terakhir ada alat musik tradisional Gamelan. Nama gamelan ini sendiri diambil dari Bahasa Jawa yang dipukul/ditabuh. Menurut Sejarahnya, alat musik gamelan sudah ada sejak kerajaan islam banyak berkuasa di Indonesia. Alat musik yang dulunya menjadi media dakwah ini, awalnya digunakan sunan kalijaga untuk menarik para penonton melihat pertunjukan wayang yang dia lakukan dan diiringi latar belakang alunan musik gamelan.

Nah, itulah tadi beberapa ulasan terkait 5 Budaya Kebanggaan Indonesia yang Diakui Dunia. Semoga informasi diatas bisa membuka mindset kebanyakan generasi masa kini, yang justru sifat dan perilakunya condong ke barat-baratan.

Baca Juga:

10 budaya asli indonesia pra hindu, 10 ciri khas budaya indonesia, 10 kebudayaan asli indonesia menurut teori brandes, 10 tarian tradisional indonesia dan asalnya, 100 tarian tradisional indonesia beserta daerah asalnya, 4 keragaman khas budaya bangsa indonesia, 5 budaya khas suku di indonesia, 5 tarian tradisional indonesia beserta asalnya, 5 unsur budaya asli bangsa indonesia menurut j.brandes, akulturasi kebudayaan asli indonesia dengan hindu budha, bagaimana cara melestarikan kebudayaan khas indonesia, bagaimana melestarikan kebudayaan khas indonesia, bagaimana upaya melestarikan kebudayaan khas indonesia, batik budaya khas indonesia, budaya asli bangsa indonesia