Beberapa Hal yang Sebaiknya Dilakukan saat Menginjak Usia Kehamilan 7 Bulan

Usia Kehamilan 7 Bulan – Sudah bukan rahasia lagi, saat memasuki usia kandungan trisemester ketiga, Anda sudah mulai harap-harap cemas menanti kelahiran si kecil ke dunia. Pada usia 7 bulan kehamilan ini, secara normal bayi Anda sudah mulai dalam posisi siap lahir. Berat badan pun biasanya juga akan bertambah secara intens, seiring bertumbuhnya sang buah hati dalam perut Anda.

Nah, sebaiknya jangan hanya harap-harap cemas, lakukan beberapa hal berikut sebagai langkah persiapan, khususnya untuk anda yang memasuki usia kandungan 7 bulan. Apa saja?

Hal yang Dilakukan Usia Kehamilan 7 Bulan

Hal yang Dilakukan Usia Kehamilan 7 Bulan

Hal-Hal yang Perlu Anda Lakukan Saat Usia Kandungan 7 Bulan

1. Periksa ke dokter lebih rutin

Memasuki trisemester akhir, ibu hamil disarankan untuk memeriksakan kandungan dan kesehatannya pada dokter atau bidan lebih sering dari sebelum usia 7 bulan kehamilan untuk memantau bagaimana perkembangan si kecil sekaligus meminimalisir resiko bayi lahir prematur atau ada kelainan lainnya serta memastikan kondisi kesehatan Anda sudah prima.

2. Pelajari tanda-tanda melahirkan

Pelajari beberapa tanda dekatnya waktu kelahiran, mulai dari deteksi bukan pertama hingga serba-serbi mengenai pre-natal dan post-natal. Termasuk bagaimana mempersiapkan fisik dan mental Anda menjelang kelahiran.

3. Perhatikan posisi saat tidur

Agar istirahat Anda tetap nyaman, perhatikanlah posisi Anda saat tidur, beri ganjalan selimut yang empuk atau bantal saat posisi tidur miring. Buatlah tidur Anda senyaman mungkin, bila perlu gunakan lilin aromatherapy untuk membantu Anda merasa lebih rileks.

4. Mulailah mengambil cuti

Bagi wanita karier yang sudah memasuki usia kehamilan 7 bulan, disarankan untuk segera mengambil cuti melahirkan. Hal ini agar Anda dapat melakukan persiapan kelahiran secara lebih matang, termasuk menjaga kondisi fisik agar tetap prima dengan banyak istirahat diselingi olahraga ringan.

5. Berolahraga ringan dan jaga asupan nutrisi

Meski tidak boleh melakukan aktivitas fisik yang berat, Anda tetap disarankan untuk berolahraga ringan seperti senam hamil atau yoga, atau bisa juga dengan berjalan-jalan di sekitar rumah pada pagi hari, saat udara masih segar. Hal ini selain dapat membantu tubuh lebih bugar juga dapat membantu tidur lebih nyenyak. Jangan lupa asupan nutrisi dari pola makan yang sehat juga harus tetap dijaga menjelang persalinan.

6. Mulailah persiapan

Menginjak usia kehamilan 7 bulan, Anda tentu sudah mengetahui apa jenis kelamin si kecil, saatnya untuk mulai mempersiapkan segala perlengkapannya kelak, mulai dari pakaian, popok, sarung tangan dan kaos kaki, selimut, ranjang atau box bayi, perlengkapan mandi, hingga kebutuhan Anda sendiri saat menjelang persalinan hingga setelah persalinan. Untuk hal-hal semacam ini, suami juga sudah saatnya menjadi suami siaga.

7. Tentukan tempat untuk bersalin

Memasuki usia kandungan 7 bulan, mulailah untuk mencari-cari tempat terbaik untuk mengantarkan si kecil ke dunia. Manakah rumah sakit atau rumah bersalin yang memberikan pelayanan terbaik untuk membantu Anda selama proses kelahiran.

8. Persiapkan biayanya

Sekalipun sejak awal kehamilan Anda sudah merencanakan estimasi biaya menjelang kelahiran si kecil, Anda perlu menyiapkan dana cadangan untuk beberapa hal yang tidak terduga, seperti kelahiran melalui operasi Caesar hingga masalah-masalah lain selama post-natal.

Nah, itulah diatas beberapa hal yang sebaiknya dilakukan saat memasuki usia 7 bulan kehamilan. Dengan melakukan hal diatas, diharapkan Anda bisa mendapat pengalaman melahirkan yang terbaik, lancar tanpa hambatan yang berarti.

Baca Juga:

amalan di usia kehamilan 7 bulan, apa yang harus dilakukan pada usia kehamilan 7 bulan, apa yang harus dilakukan saat usia kehamilan 7 bulan, apa yang terjadi di usia kehamilan 7 bulan, artikel kehamilan usia 7 bulan, asi di usia kehamilan 7 bulan, asi keluar diusia kehamilan 7 bulan, asi keluar pada usia kehamilan 7 bulan, asi keluar saat usia kehamilan 7 bulan, bayi lahir pada usia kehamilan 7 bulan, bayi lahir usia kehamilan 7 bulan, bb janin usia kehamilan 7 bulan, berat badan ideal bayi usia kehamilan 7 bulan, berat badan ideal usia kehamilan 7 bulan, berat badan janin usia kehamilan 7 bulan