Baterai Anda Boros setelah Update iOS 11? Jangan Khawatir, Ini Cara Mengatasinya

Mengatasi Baterai Boros Update iOS 11 – Belum lama ini Apple kembali merilis sistem OS terbarunya, yaitu iOS 11. Dibandingkan sistem operasi sebelumnya, iOS 11 memang banyak membawa perubahan, hal ini terlihat dari beberapa fitur canggih dan modern yang ada didalamnya. Maka tidak heran, jika banyak yang berbondong-bondong mengupdate sistem operasi mereka menjadi iOS 11.

Mengatasi Boros Baterai Setelah Update iOS 11

Mengatasi Boros Baterai Setelah Update iOS 11

Namun dilain sisi, setelah memakai sistem baru, kadang kala kita akan menemui beberapa kendala. Salah satunya adalah pemakaian baterai yang lebih boros. Tapi Anda tidak perlu khawatir, sebab kendala seperti ini adalah hal biasa, dan dapat diatasi. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah baterai yang cenderung boros = tersebut.

Tips Mengatasi Boros Baterai Setelah Update iOS 11

1. Gunakanlah Power Safe Mode

power safe mode

power safe mode

Smartphone Apple sudah dibekali dengan fitur Power Safe Mode. Nah, saat Anda mengaktifkan fitur ini, maka efisiensi penggunaan baterai Anda akan lebih hemat. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan, saat akan beralih ke mode ini. Karena saat pindah ke mode ini akan mengurangi kinerja dari perangkat Anda. Selain itu, mode ini mungkin juga akan membatasi konektivitas internet yang ada di perangkat. Tapi kelebihannya, Anda bisa menambah ketahanan dari baterai perangkat sampai 2 jam ke depan.

2. Matikan Background App Refresh Sepenuhnya

background app refresh

background app refresh

Smartphone Apple sendiri memiliki fitur Background App Refresh. Melalui fitur ini Anda dapat memperbarui beberapa informasi di layar background.  Seperti informasi terkait pesan real-time pada sebuah aplikasi chatting, tanpa harus melakukan loading terlebih dahulu. Nah, salah satu yang membuat perangkat Anda boros baterai adalah banyaknya aplikasi yang menggunakan fitur ini. Maka untuk menghemat daya baterai, sebaiknya Anda mengatur kembali Background App Refreshnya.

Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu masuk ke menu settings > General, lalu klik Background App Refresh. Selanjutnya kurangi aplikasi yang memakai fitur ini. Semakin banyak fitur yang diurangi, maka penggunaan baterainya akan semakin hemat. Untuk mengoptimalkan penghematan baterai, Anda bisa mematikan semua aplikasi yang menggunakan Background App Refresh.

3. Cek Aplikasi yang Anda Gunakan

cek aplikasi iOS

cek aplikasi iOS

Penggunaan aplikasi adalah penyebab utama pemakaian baterai yang cepat habis. Apalagi untuk jenis aplikasi yang berat dalam jumlah yang banyak, tentu akan banyak menguras daya baterai perangkat Anda. Maka salah satu cara untuk meminimalisir pemakaian daya baterai adalah dengan mengecek aplikasi apa saja yang sedang Anda jalankan. Untuk melihatnya, Anda bisa memilih menu Settings > Battery. Pada bagian bawah layar, akan ada daftar aplikasi yang terlalu menyedot baterai. Nah, untuk mengatasi boros baterai, Anda bisa mengurangi pemakaian aplikasi tersebut.

4. Matikanlah Auto-Brightness Perangkat Anda

Auto-Brightness

Auto-Brightness

Fitur Auto-Brightness memungkinkan perangkat Anda untuk bisa mengatur kecerahan secara otomatis. Nah, fitur ini juga dikenal bisa menyedot baterai yang cukup banyak. Secara normal, tampilan layar perangkat bisa terlihat jelas dengan kecerahan kurang lebih 30 persen. Tapi kadang kala, fitur ini mengatur tingkat kecerahan lebih dari 30 persen. Maka, sebaiknya Anda menurunkan tingkat kecerahan tersebut sampai standar normalnya saja, yaitu 30 persen.

5. Non-Aktifkan Locations Service pada Smartphone Anda

location service

location service

Fitur Location Service memiliki fungsi yang cukup vital, khususnya untuk membantu Anda dalam menentukan arah. Fitur ini biasanya dipakai pada aplikasi GPS, seperti Waze dan Google Maps. Jika kita lihat dari besarnya pemakaian daya, fitur location service terbilang cukup menguras baterai. Sebab aplikasi ini selalu aktif dalam memperbarui lokasi terbaru Anda. Maka, untuk menghemat daya baterai sebaiknya Anda mematikan fitur ini, jika memang tidak terlalu penting.

Demikian, tips untuk mengatasi boros baterai setelah mengupdate iOS 11. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

after ios 11 update battery draining fast, after ios 11 update no service, after update ios 11 battery drain, after update ios 11 no service, airplay ipad ios 11, airpods ios 11 battery, airpods ios 11 beta, airpods ios 11 bug, airpods ios 11 changes, airpods ios 11 control center, airpods ios 11 controls, airpods ios 11 double tap, airpods ios 11 einstellungen, airpods ios 11 features, airpods ios 11 firmware