Cara Mudah Melacak HP Samsung yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Cara Melacak HP Samsung Yang Hilang Keadaan Mati – Ada yang beranggapan bila kehilangan HP sama seperti kehilangan separuh semangat hidup. Dan faktanya, ungkapan tersebut bukanlah ungkapan yang berlebihan. Dewasa ini, HP memang sudah menjadi kebutuhan yang sangat vital terutama untuk memudahkan dalam hal berkomunikasi Tidak heran jika saat kehilangan HP, seseorang bisa kesal sepanjang hari. Apalagi jika HP yang hilang adalah HP dari vendor ternama, semisal Samsung.

Mungkin jika hp tersebut masih dalam keadaan hidup, tidak terlalu sulit melacaknya, namun bagaimana bila dalam kondisi mati?

Melacak HP Samsung yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Melacak HP Samsung yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Solusi Menemukan HP Samsung yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Nah, berikut kami bagikan solusi mengatasi permasalahan tersebut. Silahkan disimak.

1. Menggunakan Your Timeline

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan Your Timeline. Your Timeline sendiri dulunya bernama Google Maps Location History. Fitur ini sangat bermanfaat untuk mengetahui posisi terakhir seseorang menggunakan HP Android ketika terkoneksi dengan internet.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Silahkan anda kunjungi terlebih dahulu alamat ini http://google.com/maps/timeline?authuser=0/. Setelah berhasil, silahkan log in menggunakan akun Gmail anda.
  • Anda akan langsung dibawa ke halaman utama Your Timeline. Pada menu kalender yang terletak pada sidebar bagian kiri, pastikan bahwa anda telah memilih hari sekarang, supaya anda bisa melihat seluruh riwayat lokasi yang terekam hari itu.

Nah, pada sidebar kanan sendiri akan muncul tampilan peta lokasi beserta jalur yang pernah dilalui. Jalur tersebut ditandai garis berwarna biru. Sekarang anda hanya perlu mengunjungi lokasi tersebut untuk menemukan kembali HP Samsung anda.

Kelebihan dari Your Timeline adalah dia bisa melacak lokasi HP anda secara berulang kali dalam interval waktu tertentu, sehingga informasi mengenai lokasi terakhir akan lebih akurat.

Oh, ya, cara ini hanya bekerja jika sebelum HP Samsung hilang anda sudah lebih terlebih dahulu memberikan izin akses kepada Google untuk mengaktifkan fitur location history. Jika belum sempat diaktifkan maka anda tidak bisa menggunakan cara ini.

2. Menggunakan Find My Device

Alternatif berikutnya adalah dengan memanfaatkan Find My Device, fitur ini pada dasarnya tidak hanya ada di HP Samsung saja, melainkan ada di semua jenis smartphone Android . Berikut adalah tutorial selengkapnya,

  • Silahkan anda kunjungi situs resmi dari Find My Device melalui situs http://www.google.com/android/find/.
  • Kemudian, langsung log in menggunakan akun Google Mail anda (Gmail). Akun Gmail yang dipakai untuk log in adalah, akun yang digunakan pada HP Samsung anda yang hilang. Tentunya pastikan bahwa anda ingat nama email serta kata sandinya dengan benar.
  • Setelah itu, akan muncul tampilan utama dari halaman Find My Device. Anda akan melihat seri HP Samsung yang telah anda hubungkan dengan akun Gmail tersebut. Sllahkan scroll ke bawah tap pada “Temukan Perangkat Saya”, apabila pencarian lokasi tidak langsung dimulai secara otomatis.
  • Tunggulah sejenak karena proses pencarian lokasi membutuhkan waktu beberapa detik. Namun bisa juga lebih lama, jika koneksi internet yang anda miliki kurang stabil.
  • Apabila berhasil, maka akan muncul peta yang berisi titik lokasi di mana HP Samsung anda berada. Lokasi tersebut adalah lokasi terakhir, sebelum HP tersebut benar-benar dalam keadaan mati.

Bagaimana Jika Seluruh Riwayat Lokasi Tidak Ditemukan?

Ini adalah kasus yang paling sering terjadi. Jika orang yang menemukan HP anda bukanlah orang yang baik, maka sudah pasti dia ingin memiliki HP tersebut dengan seutuhnya dan langsung menghilangkan semua bukti bahwa itu sebenarnya bukanlah HP milik anda.

Apabila HP anda sebelumnya tidak kunci menggunakan pola, PIN atau yang lainnya, dan orang tersebut melakukan factory reset, maka alhasil kondisi HP akan benar-benar kembali seperti baru, sehingga data apapun termasuk akun Gmail yang disinkronkan ke HP tersebut akan langsung hilang seketika, dan anda tidak bisa menemukan keberadaan HP anda kembali.

Oleh karena itu, sedari sekarang, kuncilah ponsel anda menggunakan PIN, atau manfaatkan fitur finger print supaya jika suatu saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada HP Samsung anda, pelaku tidak akan bisa membuka isi HP atau pun melakukan factory reset.

Nah, demikianlah beberapa cara menemukan HP Samsung yang hilang yang dalam keadaan mati, semoga informasi ini bermanfaat.