Daftar Asuransi Tambahan untuk Pekerja yang Menguntungkan

Asuransi Tambahan untuk Pekerja – Sebagai pekerja kantoran atau karyawan Anda pasti akan dibekali dengan asuransi dasar yang telah ditetapkan oleh undang-undang di Indonesia, yaitu asuransi BPJS Ketenagakerjaan. Tapi asuransi ini banyak dikeluhkankurang bisa meng-cover hal-hal lain yang dibutuhkan oleh seorang karyawan dan keluarganya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempertimbangkan 4 jenis asuransi tambahan yang bermanfaat berikut ini.

Asuransi Tambahan untuk Pekerja

Asuransi Tambahan untuk Pekerja

Alasan Mengapa Kita Butuh Asuransi Tambahan

Ada beberapa alasan mengapa Anda membutuhkan asuransi tambahan di luar asuransi BPJS Ketenagakerjaan yang diberikan perusahaan. Nah, berikut alasan lengkapnya:

1. Nilai Pertanggungan dan Kelas Layanan Terlalu Rendah

Banyak yang mengeluhkan asuransi bawaan dari kantor memiliki nilai pertanggungan dan kelas layanan yang terlalu rendah. Sehingga kadang-kadang ada kasus tertentu dimana ternyata tidak tercover dalam asuransi tersebut.

2. Tidak Nyaman

Hal yang banyak dikeluhkan oleh karyawan adalah klaim yang sulit jika menggunakan asuransi bawaan dari kantor. Ada beberapa tahapan yang biasanya harus dilakukan dan tidak seinstan asuransi swasta lainnya. Karena itulah banyak yang memilih untuk membeli produk asuransi tambahan.

Jenis Asuransi Tambahan yang Sebaiknya Anda Miliki

Jika Anda ingin memberikan proteksi lebih bagi Anda dan keluarga, maka Anda setidaknya bisa mempertimbangkan beberapa pilihan asuransi berikut ini:

1. Asuransi Jiwa Berjangka

Jenis asuransi ini memberikan perlindungan kepada kliennya dalam kurun waktu tertentu. Misalnya 10, 15, atau 20 tahun dan di luar masa berlaku yang telah disepakati ini, perlindungan akan berakhir.

Asuransi ini paling cocok dibeli oleh karyawan dengan budget rendah karena biasanya jenis ini yang paling murah. Ada beberapa karakteristik dari asuransi jiwa berjangka ini yaitu:

  • Jika terjadi resiko kecelakaan atau kematian selama kurun waktu masa kontrak, maka pihak asuransi akan memberikan polis sesuai ketentuan kepada ahli waris.
  • Jika tertanggung tidak mengalami resiko hingga berakhirnya masa kontrak, maka premi yang telah dibayarkan selama jangka waktu tersebut akan hangus.

2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Whole Life Insurance atau asuransi jiwa seumur hidup ini cocok bagi Anda yang ingin proteksi seumur hidup atau lebih tepatnya sampai usia 99-100 tahun. Karakteristik asuransi ini diantaranya adalah :

  • Memberikan nilai polis yang telah dibayarkan selama jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan.
  • Premi bulan sebelumnya ternyata bisa digunakan untuk membayar premi bulan berikutnya jika Anda mengalami kendala finansial.
  • Premi asuransi tidak akan hangus meskipun tidak ada klaim.
  • Premi yang harus dibayarkan biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan asuransi jiwa berjangka. Tapi premi ini dapat diambil saat masa kontrak berakhir.

3. Asuransi Dwi Guna (Endowment Insurance)

Asuransi dwi guna yaitu jenis asuransi yang bisa memberikan 2 manfaat bagi kliennya yaitu sebagai asuransi berjangka dan juga tabungan. Jadi produk asuransi ini intinya adalah menerapkan skema perlindungan berjangka sesuai kesepakatan dengan kleinnya, namun di akhir masa kontrak klien bisa mengambil premi yang selama ini sudah dibayarkan dalam bentuk tabungan.

Ada beberapa karakteristik dari asuransi dwiguna ini yaitu :

  • Biasanya dikemas dalam bentuk asuransi pendidikan anak, pensiun, dan lain sebagainya.
  • Banyak pilihan masa kontrak dan kesepakatan nominal pencairan dana.
  • Ada 2 manfaat yang ditawarkan yaitu manfaat hidup dan meninggal.
  • Biaya premi biasanya relatif mahal karena prtimbangan manfaat yang diberikan.

4. Asuransi Jiwa Unit Link-Plus Investasi

Asuransi ini memberikan 2 keuntungan sekaligus bagi kliennya yaitu perlindungan jiwa dan juga investasi. Ada beberapa karakteristik dari investasi unit link ini diantaranya adalah :

  • Premi yang mahal daripada jenis asuransi lainnya.
  • Keuntungan dan kerugian asuransi tetap menjadi tanggungan nasabah.
  • Keuntungan investasi bisa diambil saat ada keperluan mendesak.
  • Nilai keuntungan investasi tidak semaksimal investasi murni, begitupun dengan jenis perlindungan jiwanya juga tidak semaksimal asuransi jiwa murni.

Itulah beberapa pilihan asuransi tambahan di luar asuransi bawaan dari kantor yang bisa Anda pertimbangkan untuk dimiliki.

Baca Juga:

agen asuransi pekerjaan bebas, agen asuransi termasuk pekerjaan bebas, allianz asuransi pekerjaan, apakah agen asuransi termasuk pekerjaan bebas, asuransi bagi karyawan, asuransi bagi pekerja, asuransi bank pekerjaan, asuransi gaji karyawan, asuransi jaminan pekerjaan, asuransi jiwa karyawan, asuransi jiwa pekerja, asuransi karyawan axa, asuransi karyawan car, asuransi karyawan pabrik, asuransi karyawan sinarmas