Tips Jitu Agar Anak Tidak Malas Belajar

Mengatasi Anak Yang Malas Belajar – Bagaimana cara mendidik anak agar tidak malas belajar? Yup, mempunyai seorang anak yang rajin dan pintar pasti merupakan cita-cita dan impian semua orang tua. Namun sayangnya, untuk mewujudkan hal tersebut, tidaklah mudah. Seringkali yang terjadi justru sebaliknya, anak sangat malas belajar, dan lebih suka bermain bersama teman-temannya, hingga tak kenal waktu.

Sebagaimana yang kita tahu, belajar adalah hal yang sangat penting dan merupakan kewajiban seorang anak, karena dengan belajar anak akan memiliki  pengetahuan yang memadai, untuk bekal masa depannya.

Nah, kembali pada topik anak yang malas belajar, kira-kira bagaimana menghadapi anak dengan sifat tersebut.

Agar Anak Tidak Malas Belajar

Agar Anak Tidak Malas Belajar

Tips Mudah Agar Anak Tidak Malas Belajar

1. Cari Tahu Penyebab Anak Malas Belajar

Sebaiknya anda mencari tahu penyebab mengapa anak anda jika disuruh belajar. Dan perlu diketahui, biasanya  ada beberapa faktor yang memicu anak malas belajar. Yang pertama faktor lingkungan, maksudnya jika lingkungan anak sendiri tidak mendukung untuk belajar pasti anak akan lebih memilih bermain daripada belajar.

Contohnya, anda tinggal di lingkungan yang anak-anaknya cenderung memiliki tipikal malas belajar, nah sangat mungkin hal tersebut mempengaruhi anak anda. Dia akan ikut-ikutan malas belajar, seperti teman-teman yang dilihatnya.

Yang kedua, pemicu malas belajar biasanya karena kurangnya motivasi anak. Nah, untuk itu, sebagai orang tua, anda harus bisa memotivasi sang anak agar mau belajar dan memberi tahu pentingnya belajar bagi masa depannya. Beritahu anak, jika belajar rajin bisa menjadi orang yang sukses dan bisa berkeliling dunia. Intinya.

Yang ketiga faktor penyebab anak malas belajar karena minimnya sarana belajar yang tersedia di rumah. Mungkin bisa berupa kurangnya alat tulis yang ada di rumah, meja belajar, atau bahkan ruangan yang bsa membuat anak merasa tertarik dan nyaman dalam belajar.

2. Ciptakan Lingkungan yang Mendukung Untuk Anak Belajar

Anda sebagai orang tua menjadi peranan penting dalam proses perkembangan anak baik dalam tumbuh kembang fisik atau pun non fisik. Bila anda ingin anak anda rajin dalam belajar anda harus mendukung, mendukung dalam hal ini saat waktunya anak anda belajar ada baiknya bila anda tidak menyetel televisi secara keras atau bermain handphone di depan anak yang belajar, karena hal ini akan mengalihkan konsentrasi anak dalam belajar.

3. Memberi Hadiah

Hal ini juga bisa anda terapkan dalam mendidik anak anda agar lebih mau belajar, sesekali berikan mainan kesukaan anak anda atau buatkan makanan favorit anak anda bila anak anda selesai belajar, agar disini anak lebih termotivasi lagi dalam belajar.

4. Mendukung Kreatifitas Anak

Anda sebagai orang tua dianjurkan untuk tidak hanya mendukung anak dalam pendidikan formal, berikanlah dukungan anda untuk anak anda dalam mengembangkan minatnya di luar pendidikan formal, semisal menari, bermain musik dan sebagainya, dengan cara ini anak akan lebih kreatif dan daya tangkap pikiran anak akan lebih meningkat, jadi tidak hanya terpaku pada teori di dalam pelajaran sekolah saja.

5. Berikan Motivasi Belajar Untuk Anak

Memberikan motivasi dan dukungan kepada anak agar mau belajar lebih giat dan belajar dengan baik, baik di sekolah maupun di rumah. Karena bila  tidak ada yang memberinya motivasi maka anak akan merasa bahwa sekolah hanya sekedar kewajiban dan tidak ada keinginan belajar yang tinggi.

Nah, itu dia beberapa tips agar anak tidak malas dalam belajar. Selain di atas tentunya masih banyak lagi hal lain yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan minat belajar sang anak. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

agar anak tak malas belajar, agar anak tidak malas belajar jalan, akibat anak malas belajar, akibat anak yang malas belajar, alasan anak malas belajar, alasan anak malas belajar matematika, amanat pembina upacara tentang motivasi belajar anak sd, anak 4 tahun malas belajar, anak 5 tahun malas belajar, anak 6 tahun malas belajar, anak 7 tahun malas belajar, anak cerdas tapi malas belajar, anak kecil malas belajar, anak ku malas belajar, anak laki laki malas belajar